Penyakit Demam Berdarah Harus Tetap Diwaspadai Saat Pergantian Musim 

  • Oleh Abdul Gofur
  • 04 Mei 2019 - 18:46 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Katingan dr Robertus Pamuriyanto mengimbau warga tetap waspada serangan penyakit demam berdarah dengue atau DBD saat pergantian musim.

"Meski saat ini jumlah warga yang terserang penyakit DBD cenderung menurun, namun kita tetap mengimbau kepada masyarakat agar selalu mewaspadai serangan DBD ini, terutama saat pergantian musim dari penghujan ke kemarau tahun ini," ungkap Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Katingan, dr Robertus Pamuriyanto, Sabtu, 4 Mei 2019. 

Dokter Robert mengatakan, selama beberapa tahun terakhir warga di daerahnya sellau terjangkit penularan penyakit DBD ini.

Bahkan diawal tahun 2019 kemarin puluhan warga sebagian usia anak-anak tergolek lemas di RSUD Mas Amsyar Kasongan karena serangat penyakit yang disebabkan gigitan nyamuk aedes aegepty itu.

Hingga Mei 2019 ini tercatat ada 2 warga Katingan yang dilaporkan meninggal dunia karena DBD. Keduanya adalah warga Kecamatan Katingan Hilir.

"Kami tidak henti-hentinya melakukan sosialisasi kepada masyarakat, baik dari petugas Dinas Kesehatan, maupun petugas di puskesmas dan pustu yang ada agar warga menjaga kebersihan lingkungan," ujarnya.

Pasalnya, nyamuk penyebab DBD biasanya berkembangbiak pada tempat-tempat penampungan air seperti kaleng bekas, ember dan tempat-tempat penampungan lainnya yang ada di sekitar lingkungan rumah.

"Jadi yang lebuh utama adalah pencegahan bagaimana nyamuk penyebab DBD itu tidak bisa atau sulit berkembangbiak, caranya ya harus tetap menjaga kebersihan lingkungan," imbuh dr Robertus. (ABDUL GOFUR/B-5) 

Berita Terbaru