Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kotawaringin Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kementerian Agama Kotawaringin Timur Rukyat Hilal Besok

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 04 Mei 2019 - 19:52 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Kementerian Agama Kotawaringin Timur akan melaksanakan rukyat hilal di Hotel Aquarius pada Minggu, 5 Mei 2019 besok untuk menentukan 1 Ramadan 1440 Hijriyah. 

"Besok kami akan melakukan rukyat hilal di Hotel Aquarius, karena hanya di hotel itu yang memiliki tempat paling tinggi di Sampit," ujar Kepala Kemenag Kotim Syamsudin, Sabtu, 4 Mei 2019. 

Meskipun melakukan rukyat hilal, namun untuk penetapan awal Ramadan 1440 Hijriyah, pihaknya tetap mengikuti dan menunggu keputusan pemerintah melalui Mentri Agama pusat. 

"Kami hanya melakukan rukyat hilal saja, sedangkan untuk penetapan awal Ramadan tetap ikut Mentri Agama," kata Syamsudin. 

Sementara, dari predisksi oleh Mentri Agama, dari hasil hisab, 1 Ramadan ditetapkan pada Senin, 6 Mei 2019. Sehingga pada Minggu 5 Mei 2019 sudah melaksanakan ibadah salat tarawih. 

Sementara, untuk peralatan melakukan rukyat hilal yang dimiliki Kemenag Kotim saat ini memang belum maksimal. Ditambah lagi lokasi yang kurang tinggi dan juga cuaca dalam beberapa hari terakhir mendung. Sehingga bisa saja terlindung oleh awan nantinya. 

"Meski begitu, kami akan mencoba rukyat hilal di Sampit, mudah-mudahan bisa terlihat nantinya," harap Syamsudin. (MUHAMMAD HAMIM/B-5)

Berita Terbaru