Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Jalan Lintas Provinsi Perlu Diperlebar

  • Oleh Ramadani
  • 05 Mei 2019 - 12:06 WIB

BORNEONES, Muara Teweh -  Jalan Lintas Provinsi Muara Teweh, Kabupaten Barito Utara (Barut) – Kabupaten Barito Selatan (Barsel) perlu diperlebar.

Ruas jalan itu sering kali terjadi kecelakaan karena sempit sehingga rawan sekali terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Bahkan jalan tersebut sering dilintasi oleh truk-truk besar yang membawa alat-alat berat. 

Parahnya lagi, hampir tiap bulan ada saja kecelakaan lalu lintas yang terjadi di wilayah tanjakan (gunung) Grinsing di Kecamatan Gunung Bintang Awai Kabupaten Barito Selatan.

Wakil Ketua II DPRD Barito Utara H Acep Tion mengatakan, kecelakaan sering terjadi di wilayah Gunung Grinsing. Walaupun Gunung Grinsing tersebut masuk di wilayah Barito Selatan, yang banyak menjadi korbannya adalah masyarakat yang berasal dari Barito Utara. 

Jalan itu satu-satunya jalur transportasi yang digunakan untuk pergi keluar daerah. “Sebanyak 90 persen yang menjadi korban adalah masyarakat Barito Utara, memang di sana adalah wilayah Barsel, akan tetapi Pemerintah Provinsi bisa memperhatikan lebih serius mengenai persoalan tersebut,” kata Acep Tion, Minggu 5 Mei 2019.

Ia berharap, 2020 ini Pemerintah Provinsi Kalteng bisa segera melakukan pengupasan jalan atau membuat jalan baru, khususnya di Gunung Grinsing.

Waket II DPRD Barito Utara ini juga berharap kepada Dinas PU Provinsi Kalimantan Tengah untuk bisa mengubah status jalan Muara Teweh - Barito Selatan (Barsel) dari status C merubah ke status A. 

Karena menurutnya, jalan sekarang ini sering digunakan oleh truk-truk besar yang membawa alat-alat perusahaan yang memilki beban berat, maka sudah seharusnya jalan Muara Teweh-Barsel bisa beralih status menjadi A.

"Sudah saya sampaikan kepada Dinas PU Provinsi mengenai jalan tersebut pada saat acara pertemuan di Bappeda Litbang Muara Teweh belum lama ini dan juga ada Sekda, Jainal Abidin," pungkasnya. (RAMADHANI/B-2)

Berita Terbaru