Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Penyebab dan Kronologi Kebakaran Kantor Dinas Sosial Kotawaringin Timur

  • 05 Mei 2019 - 19:32 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Penyebab kebakaran kantor Dinas Sosial Kabupaten Kotawaringin Timur masih diselidiki. Adapun kebakaran yang terjadi di Jalan Jenderal Sudirman, Sampit - Pangkalan Bun itu diduga akibat hubungan pendek arus listrik atau korsleting.

"Kebakaran di Dinas Sosial masih diselidiki. Aparat kepolisian telah melakukan identifikasi dan mengumpulkan data. Sementara ini, api diduga berasal dari korsleting listrik," kata Kasi Pemadaman Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kotim, Sunadri, Minggu, 5 mei 2019.

Adapun kronologis kejadiannya, api pertama kali dilihat penjaga kantor tersebut. Ia berusaha memadamkan api dengan alat seadanya. Namun api dengan cepat membesar, lantaran bagian atas kantor dinas ini berkonstruksi kayu.

"Penjaga di dinas itu sudah tua. Dia tidak memiliki ponsel untuk menghubungi petugas damkar, makanya dia berusaha memadamkan sendiri," jelas Sunardi.

Saat membesar, api terlihat warga di sekitar lokasi kejadian, yang kemudian berbondong-bondong melakukan pemadaman dengan alat seadanya, serta menghubungi damkar.

Awalnya, satu armada dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Kotim diturunkan ke lokasi. Kantor BPBD memang berdekatan dengan kantor Dinas Sosial. Namun api tidak dapat dipadamkan.

Setengah jam berselang, barulah empat armada Dinas Damkar tiba di lokasi. Api dapat dipadamkan satu jam setelahnya.

"Kami sempat terlambat datang ke kantor Dinsos karena jaraknya cukup jauh. Dan waktu di jalan, banyak kendaraan yang berlalu lalang, tanpa memedulikan bunyi sirine," kata Sunardi. (ACHMAD SYIHABUDDIN/B-11)

Berita Terbaru