Harga Telur di Kasongan Naik

  • Oleh Abdul Gofur
  • 06 Mei 2019 - 11:48 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Awal bulan Ramadan harga telur ayam ras di Kasongan Kabupaten Katingan naik.

Saat ini pedagang menjual telur ayam ras per tabak isi 30 butir dengan harga Rp 47 ribu. Sebelumnya Rp 43 ribu per tabak atau mengalami penaikan Rp4 ribu per tabak.

Hari, pemilik toko sembako di Pasar Kasongan, Senin, 6 Mei 2019 menuturkan, penaikan harga telur ayam ras ini sudah terjadi sejak sepekan terakhir.

"Memasuki awal Ramadan ini harga telur ayam ras mengalami kenaikan Rp47 ribu per tabak dari sebelumnya Rp 43 ribu per tabaknya," katanya.

Menurutnya, jika ada warga yang membeli telur tidak sampai satu tabak, maka harga telur ayam ia patok Rp 2.000 per butir. "Kalau belinya satu atau dua butir harganya Rp 2.000 per butir, tapi kalau beli tiga butir hanya Rp5 ribu," katanya.

Ia mengaku telur yang dijual memiliki ukuran yang sama sehingga tidak memengaruhi harga. Hari mengatakan, sejauh ini telur yang mereka jual didatangkan dari Palangka Raya.

Penaikan harga telur ini dikeluhkan sejumlah warga Kasongan. Pasalnya, di kios dan warung sembako harga telur ayam ras ini dipatok Rp 2.000 per butir meski jumlah pembeliannya lebih dari 5 butir.

"Biasanya kan telur ayam ras hanya Rp1.500 per butir, tapi sudah beberapa hari ini harganya sudah naik jadi Rp 2.000 per butir," ujar Rini warga Jalan Soekarno-Hatta. 

Menurutnya, selama ini keluarganya gemar mengonsumsi telur ayam ras ini sehingga tidak heran jika ia selalu menyetok telur ayam ras ini. "Sejak harganya naik kami sekarang belinya tidak banyak seperti sebelumnya," imbuhnya. (ABDUL GOFUR/B-2)

Berita Terbaru