Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Asmat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ramadan, Harga Beras di Barito Selatan Mulai Naik

  • Oleh Uriutu
  • 06 Mei 2019 - 14:22 WIB

BORNEONEWS, Buntok – Memasuki bulan suci Ramadan, harga beras di Kabupaten Barito Selatan perlah-lahan mulai mengalami kenaikan.

Pantauan Borneonews di Pasar Sayur dan Ikan (Saik) Buntok kenaikan harga beras terjadi sudah dalam sepekan terakhir.

“Rata-rata harga beras mengalami kenaikan antara Rp 10 ribu hingga Rp 20 ribu per 15 kilo gram,” kata salah satu pedagang beras di Pasar Saik Buntok, Mahdini kepada Borneonews. Senin 6 Mei 2019. 

Harga beras banjar sebelumnya Rp 160 ribu, naik menjadi Rp 180 ribu per 15 kilo gram, harga beras mayang super top juga mengalami kenaikan dari Rp 200 ribu menjadi Rp 220 ribu per 15 kilo gram.

Kemudian harga beras mutiara, dari 180 menjadi Rp 200 ribu, beras siam lantik dari dari Rp 160 ribu menjadi menjadi Rp 170 ribu per 15 kilo gram, dan beras ketan Banjar bertahan dengan harga Rp 240 ribu per 15 kilo gram.

“Sedangkan harga beras Sihirang turun dari Rp 140 ribu menjadi Rp 130 per 15 kilo gram,” beber dia.

Menurutnya, kenaikan harga beras ini terjadi karena padi beras akan panen pada pertengahan bulan Ramadhan nanti yang mana harganya akan murah.

Sehingga para distributor di Banjarmasin, Kalimantan Selatan menaikan harga beras yang ada dipasaran saat ini.

Selain harga beras, harga kebutuhan pokok lainnya juga mengalami kenaikan seperti gula dan daging sapi.

Pedaganglainnya, Norainah harga gula yang sebelumnya Rp 11 ribu per kilo gram naik menjadi Rp 13.000 hingga Rp 14.000 per kilo gram.

“Kenaikan harga gula ini memang sudah naik dari distributor di Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel), dan hal itu terjadi karena banyaknya permintaan menjelang bulan suci Ramadan ini,” ucap dia.

Untuk harga ayam potong mengalami kenaikan yang cukup signifikan dari Rp 35 ribu menjadi Rp 45 ribu per kilo gram.

“Kenaikan harga daging ayam potong ini terjadi dalam seminggu terakhir, dan kenaikan harga terjadi secara bertahap dari Rp 35 hingga menjadi Rp 45 ribu per kilo gram, kenaikan seperti ini biasa terjadi menjelang hari-hari besar keagamaan,” beber dia.

Bahan Pokok Masih Flukuatif

Untuk harga telur masih bertahan, dan belum ada mengalami kenaikan. Sementara harga bawang merah mengalami penurunan dari Rp 43 ribu menjadi Rp 42 ribu per kilo gram.

Dan harga bawang putih masih bertahan Rp 47 ribu per kilo gram, kemiri Rp 48 ribu, dan minyak goreng bertahan Rp 11 ribu per liter serta harga daging sapi masih bertahan Rp 150 ribu per kilo gram. (URIUTU DJAPER/B-6)

Berita Terbaru