Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Ketapang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dua Kantor Pemerintahan di Kotim Terbakar dalam Dua Bulan

  • 06 Mei 2019 - 15:26 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Dalam dua bulan terakhir ini, terhitung sejak April hingga Mei 2019, tercatat ada dua kantor pemerintahan di Kabupaten Kotawaringin Timur yang terbakar.

Dua musibah ini semuanya diduga akibat hubungan arus pendek listrik atau korsleting.

"Ada dua kantor dinas yang terbakar, yakni Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah atau UKM serta Dinas Sosial atau Dinsos. Dua kantor dinas ini berada di Jalan Jenderal Sudirman, Km7, Sampit-Pangkalan Bun," kata Rihel, kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kotim, Senin, 6 Mei 2019.

Pada 25 April 2019, sekitar pukul 18.00 WIB, kantor Dinas Koperasi dan UKM Kotim nyaris habis terbakar. Api sempat membakar lemari, televisi, dan plafon ruangan bagian sekretariat.

Petugas pemadam kebakaran yang mendapat informasi bergegas memadamkan api sehingga tidak sempat merembat kebagian dan ruangan lainnya.

Sebanyak tiga armada dari Disdamkar dan satu armada dari Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Kotim diterjunkan untuk memadamkan api saat itu.

Delapan hari berselang, tepatnya Jumat, 3 Mei 2019, kantor Dinsos Kotim juga terbakar. Api berkobar hingga menghabiskan satu bangunan utama.

Api juga sempat merambat ke sebuah bangunan yang berada di belakang gedung utama. Api dapat diapadamkan setelah petugas dan armada Disdamkar dikerahkan penuh, dibantu dari BPBD dan Balakar.

"Kedua kantor Dinas ini terbakar pada malam hari. Kebakaran terjadi diduga akibat korsleting listrik. Kami belum dapat memastikan berapa nominal tepatnya untuk kerugian musibah ini. Namun dilihat dari segi bangunan, kerugian mencapai ratusan juta rupiah," tutur Rihel. (ACHMAD SYIHABUDDIN/B-3)

Berita Terbaru