Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kediri Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pembinaan Atlet di Kotim Kurang Maksimal

  • Oleh Naco
  • 06 Mei 2019 - 15:36 WIB

BORNEONEWS, Sampit- Anggota DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur Sinar Kamala menyebut, pola pembinaan atlet, penjaringan minat, dan bakat bidang olahraga selama ini kurang maksimal. 

Sehingga persiapan menuju even olahraga tidak matang. Hal ini membuat  prestasi menjadi minim. Padahal di Kotim minat dan bakat masyarakat tidaklah kurang.

"Sayangnya ketika penjaringan dilakukan hanya lebih fokus di daerah perkotaaan. Padahal pemuda berbakat di desa-desa itu juga tidak kalah bersaing. Namun mereka jarang dipakai," kata dia, Senin, 6 Mei 2019.

Kecamatan di luar kota, kata dia, memiliki banyak potensi, kususnya pada pemuda. Seperti sepak bola, bulu tangkis, dayung, hingga pelari. Namun, mereka tidak diberdayakan dan diasah kemampuannya. Padahal, mereka hanya kurang mendapatkan kesempatan. Sedangkan dari segi kemampuan tidak kalah.

Di sisi lain, ia juga meminta pembinaan atlet hendaknya dijaring mulai di tingkat sekolah. Ketika sudah didapatkan bibit berkualitas maka sekolah dan SOPD teknis melakukan pembinaan dan pendidikan mental dan keahlian atlet itu secara berkala.

"Kita bisa cari atlet berkualitas itu mulai dari sekolah. Mereka yang dihasilkan dari sekolah ini tidak cukup dengan kemampuan bawaan tanpa ada pembinaan dan pendidikan tambahan. Saya kira ini harus jadi terobosan ke depannya untuk kemajuan olahraga di Kotim," tegasnya.

Selama ini, Kotim setiap ada even selalu mengeluarkan dana besar namun dari segi prestasi masih jauh tertinggal dari daerah lain. (NACO/B-3)


TAGS:

Berita Terbaru