Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kementrian PUPR Pastikan Jembatan Kalahien Aman Dilalui Pengendara

  • Oleh Rahmat Gazali
  • 06 Mei 2019 - 19:06 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kementrian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat atau PUPR perwakilan Provinsi Kalimantan Tengah memastikan meski fender jembatan Kalahien, Kabupaten Barito Selatan ditabrak tongkang, masih aman dilalui oleh pengendara bermotor.

Pejabat Pembuat Komitmen 3.4 Kementrian PUPR Kalimantan Tengah, Paskah Kaharap Asi memastikan tiang jembatan Kalahien tidak mengalami gangguan apapun.

"Karena yang ditabrak adalah fender dan tidak sampai ke tiang, maka jembatan Kalahien aman dilalui pengendara, baik itu motor ataupun truk," ujarnya, Senin, 3 Mei 2019.

Ia menuturkan, ada jarak antara fender dan tiang jembatan sehingga saat tongkang menabrak tidak berakibat terlalu fatal.

"Ada jarak sekitar 3 hingga 4 meter. Dan inilah fungsi fender, agae jika ada kapal atau tongkang yang menabrak tidak langsung mengenai tiang," lanjutnya.

Pasca tertabraknya fender di jembatan Kalahien, Kementrian PUPR menyebut masih ada tongkang yang beroperasi.

"Kemarin saja ada tongkang yang melewati jembatan," imbuh dia.

Terkait hal ini, pihaknya mengaku tidak memiliki wewenang untuk mengatur atau melarang tongkang beroperasi melewati jembatan.

"Tapi sekarang ada surat edaran dari Sekda Fahrizal Fitri bahwa tongkang hanya boleh beroperasi antara pukul 17.00 hingga 18.00 WIB," beber dia. (GAZALI/B-5)

Berita Terbaru