Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kotawaringin Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Kesehatan Kotim Berbagi Tips Agar Tetap Bugar Selama Berpuasa

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 06 Mei 2019 - 22:02 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kotawaringin Timur (Kotim) berbagi tips, kepada umat muslim agar tetap terjaga kesehatan selama melaksanakan ibadah puasa. Salah satunya, mengonsumsi makanan yang bergizi saat berbuka dan sahur. 

"Kami mengimbau umat muslim yang melaksanakan puasa, agar membiasakan makanan bergizi saat berbuka dan sahur," kata Kepala Dinkes Kotim, Faisal Novendra Cahyanto, Senin, 6 Mei 2019. 

Dia mengatakan, bagi yang tidak memiliki masalah kesehatan di tubuhnya, saat sahur dianjurkan membiasakan diri makan-makanan yang berimbang, cukup kalori, cukup protein, dan juga cukup serat, seperti sayur dan buah. 

"Jangan lupa mencukupkan cairan dengan minum air putih ketika berbuka puasa. Ditambah dengan makan buah-buahan, baik itu buah kurma atau buah segar lainnya," kata Faisal. 

Dengan menjalankan pola hidup sehat tersebut, paling tidak bisa menjaga kondisi tubuh dari segala penyakit ataupun hal lainnya yang bisa mengganggu ibadah puasa bagi yang menjalankannya. 

"Menjaga kondisi tubuh untuk bisa lebih kuat untuk beribadah puasa harus dilakukan. Sehingga bisa lebih khusyuk untuk menjalankan puasanya," kata Faisal.

Sementara, jika umat muslim yang melaksanakan ibadah puasa mengalami permasalahan kesehatan, agar segera berkonsultasi dengan dokter atau ke puskesmas. (MUHAMMAD HAMIM/B-11) 

Berita Terbaru