Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Nunukan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Lokasi Rencana Pemindahan Ibu Kota akan Ditinjau Presiden

  • Oleh Budi Yulianto
  • 07 Mei 2019 - 13:16 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kedatangan Presiden, Joko Widodo ke Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah salah satunya bertujuan untuk mengecek langsung lokasi yang menjadi alternatif rencana pemindahan ibu kota negara.

Jokowi dijadwalkan tiba di Bandar Udara Tjilik Riwut, Palangka Raya pada sore nanti, Selasa, 7 Mei 2019. Namun presiden lebih dulu berkunjung ke Kalimantan Timur.

Informasi dari Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden menyebutkan kunjungan tersebut dilakukan sebagai bentuk tindak lanjut keseriusan pemerintah dalam hal pemindahan ibu kota negara Republik Indonesia.

Kepala Negara beserta rombongan lepas landas menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta pada pukul 09.00 WIB. 

Setibanya di Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur, pada pukul 11.55 WITA, Presiden Jokowi langsung menuju ke lokasi yang menjadi alternatif rencana pemindahan ibu kota tersebut. 

Setelah itu, Presiden Jokowi beserta rombongan akan melanjutkan perjalanan menuju Kalimantan Tengah. Rencananya, Presiden Jokowi akan bermalam di Kota Palangka Raya untuk melanjutkan rangkaian kunjungan kerja keesokan harinya. 

Yaitu, meninjau lokasi yang menjadi alternatif rencana pemindahan ibu kota. Sehari sebelumnya, presiden menegaskan bahwa pemerintah tidak main-main terkait rencana pemindahan ibu kota negara Republik Indonesia.

Hal tersebut disampaikan Presiden Jokowi di hadapan para kepala lembaga tinggi negara saat acara buka puasa bersama di Istana Negara, Jakarta, Senin, 6 Mei 2019.

"Kita serius karena sejak 3 tahun yang lalu telah kita bahas internal. Kemudian 1,5 tahun yang lalu kami minta Bappenas untuk melakukan kajian-kajian yang lebih detail baik dari sisi ekonomi, sosial-politik dan juga dari sisi lingkungan," ujar presiden. (BUDI YULIANTO/B-6/Adv)

Berita Terbaru