Dinas Pendidikan Kotawaringin Timur Harus Bantu Kembangkan Kebudayaan Lokal

  • Oleh Naco
  • 07 Mei 2019 - 16:32 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Ketua Komisi III DPRD Kotawaringin Timur, Rimbun  mengingatkan pemerintah daerah untuk  memperkuat serta mempertahankan kesenian dan kebudayaan lokal. 

Tidak hanya melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata atau dinas teknis itu saja namun juga melalui Dinas Pendidikan Kabupaten Kotawaringin Timur.

"Kami minta agar di setiap satuan pendidikan digaungkan kembali pengembangan budaya daerah kita ini, salah satunya melalui Dinas Pendidikan," kata dia, Selasa, 7 Mei 2019.

Upaya itu sebagai salah satu cara melestarikan keragaman dan kesenian ada istiadat lokal. Melalui itu yang paling efektif dengen pendidikan di sekolah.

"Jam pelajaran muatan lokal bisa digunakan untuk jam pelajaran kesenian dan kebudayaan lokal," tegasnya.

Meski demikian sudah ada sejumlah sekolah yang menerapkan jam muatan lokal diberbagai satuan pendidikan. Untuk sekolah yang belum harus mencontohi itu.

Karena menurut dia sekarang pelestarian kebudayaan dan kearifan lokal merupakan hal yang harus dilakukan untuk mempertahankannya dari waktu ke waktu.

Rimbun menegaskan komitmen pemerintah daerah untuk konsisten dalam melestarikan budaya lokal masih diragukan. Pasalnya sektor pendukung masih kurang diperhatikan. (NACO/B-6)

Berita Terbaru