Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Disdukcapil Kapuas Optimalkan Perekaman KTP Elektronik dengan Cek NIK Ganda

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 07 Mei 2019 - 17:56 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil atau Disdukcapil Kapuas akan mengoptimalkan perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik atau KTP - El, dengan cara melakukan kroscek Nomor Induk Kependudukan (NIK) lebih dari satu atau ganda.

Hal itu disampaikan Sekretaris Disdukcapil Kapuas Sipie S Bungai di mana itu perlu dilakukan guna menuntaskan perekaman KTP Elektronik hingga 100 persen, dikarenakan selama ini adanya NIK ganda membuat perekaman belum tuntas.

"Karena data penduduk kita ini masih ada atau database menggantung, dalam arti ada orang ada yang punya tiga NIK. Padahal kami menunggu-nunggu NIK yang belum perekaman ini masih banyak," ucap Sipie kepada wartawan, Selasa, 7 Mei 2019.

"Sedangkan setelah kita kroscek ke lapangan yang bersangkutan itu sudah memiliki KTP elektronik. Jadi itu kita pelan - pelan akuratkan data itu ini kita hapus," lanjutnya.

Lebih lanjut, dia menjelaskan misalnya orang itu datanya sebelum rekaman masih ada, padahal dia sudah memiliki KTP Elektronik. Dimana tahun 2008 itu sudah serentak dilakukan pendataan per RT.

"Untuk data terakhir ini di Disdukcapil Kapuas telah melakukan perekaman KTP Elektronik sudah mencapai 95 persen," tukasnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-5)

Berita Terbaru