Hutan dan Lahan di Katingan masih Aman dari  Kebakaran

  • Oleh Abdul Gofur
  • 07 Mei 2019 - 18:26 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Meskipun dalam sepekan terakhir cuaca cukup panas di Kabupaten Katingan namun belum ada laporan terjadinya kebakaran hutan dan lahan atau Karhutla.

Plt Kepala Badan Penamggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Katingan, Ahmad Rubama mengatakan hal ini, Selasa, 7 Mei 2019. "Memang dalam sepekan terakhir cuaca di wilayah Kabupaten Katingan ini cukup panas, namun sejauh ini berdasarkan pantauam maupun  laporan belum ada kebakaran hutan dan lahan di daerah kita ini," ujar Rubama.

Menurut Ahmad Rubama, saat ini kondisi Sungai Katingan yang membelah Kota Kasongan masih tergolong pasang. Kondisi Sungai Katingan ini dinilai mempengaruhi terhadap musim kemarau. "Patokannya Sungai Katingan masih pasang, meski beberapa hari tcuaca cukup panas, akan tetapi lahan gambut yang ada masih basah sehingga belum terjadi kebakaran hutan dan lahan itu," tutur Ahmad Rubama. 

Namun jika kondisi air Sungai Katingan surut, maka dikhawatirkan lahan gambut yang ada di wilayahnya akan rawan terjadi kebakaran.

Di wilayah Kabupaten Katingan dari 13 kecamatan yang ada, tujuh wilayah kecamatan lainnya adalah kawasan bergambut dari yang tipis hingga tebal.

"Kalau daerah yang gambutnya tebal itu berada di dua wilayah kecamatan, yaitu Kamipang dan Kecamatan Tasik Payawan," imbuhnya. (ABDUL GOFUR/B-5)

Berita Terbaru