Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Gelandangan dan Pengemis di Kotawaringin Barat Berasal dari Luar Pulau

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 07 Mei 2019 - 22:48 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Gelandangan dan Pengemis atau Gepeng masih menjadi permasalahan sosial di kota Manis Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat. Ternyata mereka adalah para pendatang bukan orang asli daerah Pangkalan Bun.

"Rata - rata para Gepeng yang ada di Kobar ini berasal dari luar daerah dan luar pulau, mereka merantau ke Kalimantan khususnya di Kobar memang berniat untuk mengemis," ungkap Kasi perlindungan sosial korban bencana sosial atau PSKBS Dinsos Kotawaringin Barat Rafiatun, Selasa, 7 Mei 2019.

Pihaknya sangat menyayangkan hal tersebut. Sebab susah bagi Dinsos untuk menindak ataupun mencegah mereka. "Kebanyakan dari mereka memang malas bekerja, sudah kami pulangkan nanti kembali ya ngemis lagi," jelasnya.

Selain faktor tersebut, masalahnya ialah para gepeng ini suka berpindah tempat sehingga petugas kesusahan menanganinya. Selain itu masyarakat juga selalu memberi para gepeng ini dengan uang yang cukup banyak, selalu di atas angka seribu rupiah. 

"Pernah ada yang sempat kami pulangkan, ternyata bebrapa bulan kemudian ketemu di pasar, mereka cuek saja. Saat saya tanya masih ingat, mereka menjawab 'masih'," tuturnya.

Bahkan jika tidak diberi meraka marah-marah dengan menggunakan bahasa daerah mereka sendiri. "Kalau tidak diberi suka marah - marah, pakai bahasa yang kami tidak paham," jelasnya.

Rafiatun mengajak kepada para masyarakt untuk tidak memberi uang kepada para Gepeng, sebab itu akan membuat mereka menjadi malas untuk berusaha. (DANANG/B-2)

Berita Terbaru