Presiden Joko Widodo Terpukau dengan Sejarah Palangka Raya 

  • Oleh Rahmat Gazali
  • 08 Mei 2019 - 13:06 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Presiden Joko Widodo mengaku terpukau dengan sejarah Kota Palangka Raya.

Hal ini ia sampaikan kepada Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah saat menyempatkan diri mengunjungi lokasi wisata Tugu Soekarno, Palangka Raya. Dalam kunjungan singkat itu, Presiden didampingi Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran.

"Bapak Presiden mengaku terpukai dengan sejarah yang Palangka Raya miliki karena dibangun dan didesain untuk Ibu Kota Indonesia," ujar Kepala Dinas Perbudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Tengah Guntur Talajan, Rabu, 8 Mei 2019.

Guntur menerangkan, saat kunjungan orang nomor 1 di Indonesia tersebut, Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah menjelaskan sejarah terbentuknya Palangka Raya.

"Di Tugu Soekarno ini, Presiden pertama kita meletakkan tiang pertama dan tidak ragu menyebut Palangka Raya suatu hari nanti akan mengambil peran besar dalam pemerintahan Indonesia," lanjutnya.

Dalam kesempatan itu, Guntur menjelaskan di Indonesia hanya ada dua nama daerah yang memakai kata 'Raya'.

"Hanya ada dua, yakni Jakarta Raya dan Palangka Raya. Dengan pemberian nama ini, Presiden Soekarno meyakini Palangka Raya suatu hari nanti akan menjadi kota yang besar dan jaya," imbuh dia. 

Dalam kunjungan singkat di Tugu Soekarno itu, Presiden didampingi Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran. (GAZALI/B-6/Adv)

Berita Terbaru