Aplikasi Real & Quick Count & Arsip Form C1 Digital

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sekolah Lapang Kelompok Tani KLP Jaya Jadi Tempat Belajar Pertanian

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 08 Mei 2019 - 19:10 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Sekolah Lapang Kelompok Tani (Poktan) KLP Jaya, Desa Anjir Kalampan, Kecamatan Kapuas Barat, Kabupaten Kapuas, bisa menjadi tempat belajar pertanian bagi siapapun.

Dalam pelaksanaannya, sekolah ini mengangkat program pembelajaran yang dikhususkan dengan sistem pengolahan lahan pertanian tanpa membakar.

Proses pembelajaran juga langsung praktek di lapangan dan diberi pembekalan teori yang terarah. Sebagai bagian dari pembelajaran ilmu dasar pertanian.

Sekolah lapang tersebut merupakan sebuah terobosan hasil buah pikir inovatif dan kreatif Kepala Desa Anjir Kalampan, Yanir, dalam upayanya memajukan bidang pertanian.

Tujuannya untuk mencetak para petani andal dan berdaya saing serta kompetitif. Baik dari segi pengelolaan hasil panen maupun pemasaran.

"Sekolah Lapang Poktan KLP Jaya saat ini ada 17 siswa dari SMK 3 Kapuas yang praktik  untuk magang selama dua bulan," ucap Yanir kepada wartawan, Rabu, 8 Mei 2019.

Selain dari SMK 3 Kapuas, ada juga Kelompok Tani binaan BRG Kotawaringin Timur yang menimba ilmu di sekolah itu, khususnya bertani jenis sayuran.

"Pelajaran yang didapat dari Sekolah Lapang Poktan KLP Jaya hampir komplet, bahkan hingga pemasarannya kepada peserta," tuturnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-3)

Berita Terbaru