Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Serdang Bedagai Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Perlu Dilakukan Peternak Ayam Hadapi Pancaroba

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 09 Mei 2019 - 15:12 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Memasuki pergantian musim atau pancaroba, kerap membuat hewan ternak, khususnya ayam, rentan terserang berbagai macam penyakit. Kondisi ini perlu menjadi perhatian para peternak.

Kasi Kesehatan Hewan di Dinas Pertanian Kabupaten Kapuas Anik Ariswandani mengatakan, terdapat beberapa langkah yang bisa dilakukan peternak untuk mencegah dan atau mengurangi resiko kematian pada ayam. Di antaranya dengan memberikan vaksinasi daya tahan.

"Kemudian berikan pakan dan minum yang berkualitas, pemberian suplemen atau multivitamin untuk menjaga daya tahan tubuh ayam agar tetap prima," ucap Anik, Kamis, 9 Mei 2019.

Untuk itulah, ia meminta para peternak ayam dapat memperhatikan hal tersebut. "Kebersihan kandang juga perlu diperhatikan agar selalu sehat dan nyaman," katanya.

Selain itu, Dinas pertanian melalui bidang peternakan dan kesehatan hewan juga menyediakan vaksin ND gratis bagi peternak ayam. "Yang bisa diambil langsung di kantor Dinas Pertanian Kapuas di Jalan Pemuda," pungkasnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-3)

Berita Terbaru