Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinkes Pulang Pisau Bongkar Tempat Buang Air Besar di Pinggir Sungai

  • Oleh James Donny
  • 09 Mei 2019 - 19:50 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Dinkes Pulang Pisau membongkar tempat buang air besar atau BAB di pinggir sungai. Pembongkaran itu berkaitan dengan kegiatan pemicuan STBM atau Sanitasi Total Berbasis Masyarakat di Desa Sanggang Kecamatan Maliku. 

"Pembongkaran tempat BAB sembarangan di Desa Sanggang tersebut sebagai rangkaian dari pemicuan STBM yang kami lakukan," kata Kapala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Pulang Pisau, Mak'ruf Kuhkri,  Kamis, 9 Mei 2019.

Setelah membongkar tempat BAB sembarang pada kegiatan yang dilaksanakan Rabu, 8 Mei 2019 tersebut masyarakat secara gotong royong membuat jamban sehat. Pembuatan jamban sehat itu dananya berasal dari dana desa.

Mak'ruf mengimbau masyarakat bahu membahu untuk bisa mengatasi permasalahan lingkungan. "Misalnya, tidak buang air besar sembarangan," katanya.

BAB sembarangan, katanya, akan menyebabkan masyarakat dapat terjangkit berbagai penyakit seperti diare, folio, cacat seumur hidup dan dapat terkena stunting. 

Harapannya dengan dilaksanakan kegiatan pemicuan STBM dapat mewujudkan desa open defecation free atau desa setop buang air besar sembarangan 2019.

Melalui kegiatan pemicuan STBM itu juga kata Mak'ruf akan meningkatkan 5 pilar STBM yaitu, Setop Buang Air Besar Sembarangan, Cuci Tangan Pakai Sabun, Pengelolaan Makanan dan Minuman Rumah Tangga, Pengamanan Sampah Rumah Tangga serta Pengamanan limbah cair rumah tangga.(JAMES DONNY/B-2)

Berita Terbaru