Tiga Budak Sabu Divonis 6 Tahun Penjara

  • Oleh Agus Priyono
  • 09 Mei 2019 - 22:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Tiga orang terdakwa yang menjadi budak narkotika golongan I bukan tanaman jenis sabu menjalani persidangan untuk mendengar putusan hukuman di Pengadilan Negeri Palangka Raya, Kamis, 9 Mei 2019. Mereka divonis 6 tahun penjara.

Dalam persidangan yang dipimpin Majelis Hakim diketuai Etri Widayati, memvonis para terdakwa yakni, Ei, Il dan To telah terbukti secara sah bersalah telah melanggar pasal 112 ayat (1) UU RI No. 35 / 2009 tentang Narkotika.

"Menjatuhkan pidana penjara kepada para terdakwa selama 6 tahun dan pidana denda sebesar Rp 800 juta dengan subsidair 1 bulan penjara, dengan dipotong masa tahanan," ucap Etri saat membacakan amar putusan.

Putusan Majelis Hakim tersebut lebih ringan dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum, yang sebelumnya menuntut terdakwa dengan pasal yang sama, yakni dengan hukuman 6 Tahun 6 bulan Penjara, dengan subsidair 2 bulan penjara.

Sebelumnya, pada November 2018 lalu, terdakwa Efendi dimintai tolong oleh terdawka To untuk dihantar ke Palangka Raya membeli sabu. Dengan menggunakan mobil sewaan, keduanya lalu mengajak terdakwa Il untuk bersama-sama pergi ke Palangka Raya.

Sesampainya di Palangka Raya, ketiganya lalu menghubungi penjual sabu melalui ponsel milik terdakwa Il, dan melakukan pembayaran melalui ATM milik To dan Il. 

Polisi yang telah mendapat informasi dari masyarakat telah terjadi transaksi yang dilakukan oleh ketiga terdakwa, langsung meringkus ketiganya di Jalan Yos Sudarso XI saat mereka mengambil sabu. Dari tangan para terdakwa, polisi berhasil mengamankan, sabu seberat 3,5 gram yang dibeli dengan harga Rp 3,3 juta. (AGUS PRIYONO/B-2)

Berita Terbaru