Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kab. Pekalongan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Kandungan dalam Sebatang Rokok

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 10 Mei 2019 - 17:10 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas- Manajemen Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sosroatmodjo Kuala Kapuas mengadakan penyuluhan kesehatan. Kali ini tema yang diangkat berkaitan dengan bahaya merokok. Pemateri ialah Diana Yuniarti, selaku dokter umum di RSUD Sosroatmodjo.

Dokter Diana Yuniarti dalam paparannya menyampaikan bahwa dalam sebatang rokok terdapat 4.000 bahan kimia dan 400 macam racun yang dapat membunuh.

Beberapa jenis racun yang ada pada sebatang rokok antara lain aceton (bahan pembuat cat kuku), naftalen (bahan kapur barus), arsenik (racun semut), metanol, vinyl chlorida (bahan plastik PVC), fenol butane (bahan bakar korek api), potasium nitrat ( bahan baku bom dan pupuk), polonium-201 (bahan radioaktif), DDT, cadmium, uretan (gas anti jamur), nafthilamine dan toloudin, toluen, serta butane.

"Untuk racun yang ada di sebatang rokok, yaitu nikotin mengakibatkan ketagihan layaknya heroin dan kokain dan juga menyebabkan penyempitan pembuluh darah dan aliran darah terhambat sehingga suplai oksigen berkurang," ucap Diana, Jumat, 10 Mei 2019.

Dilanjutkannya bahwa bahan tar dalam rokok merupakan salah satu penyebab kanker. Terbuat dari bahan yang lengket. Sedangkan gas karbon monoksida ialah gas yang mirip dengan asap yang dikeluarkan knalpot sisa pembakaran kendaraan.

"Untuk karbondiaksida adalah gas sisa pernapasan yang harus segera dikeluarkan dari paru-paru," katanya.

Serta amoniak adalah bahan pembersih lantai. Efek racun yang ditimbulkan oleh rokok. Perokok lebih berisiko ketimbang yang tidak menghisap asap rokok. Antara lain berisiko 14 kali menderita kanker paru, mulut, dan kerongkongan.

"Berisiko 4 kali menderita kanker esofagus, berisiko 2 kali kanker kandung kemih, berisiko 2 kali serangan jantung," tegasnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-3)

Berita Terbaru