Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Maros Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Perlu Konsolidasi Lebih Soal Pemindahan Ibukota

  • 12 Mei 2019 - 15:52 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Adanya wacana pemindahan ibukota pemerintahan RI ke Kalimantan Tengah dinilai masih perlu adanya konsolidasi antar pihak.

Wakil Wali Kota Palangka Raya, Umi Mastikah mengatakan jika masih perlu adanya konsolidasi tersebut dibutuhkan karena dalam pembentukan Kalteng sebagai ibukota dibutuhkan proses yang tidak sebentar.

Menurutnya, pemindahan ibukota ke Kalteng merupakan suatu hal yang berbeda dibandingkan dengan Jakarta yang sejak penjajahan sudah terbentuk dengan sendirinya.

Sedangkan Kalteng jika terpilih sebagai ibukota yang baru, menjadi ibukota yang terbangun setelah puluhan tahun Indonesia merdeka.

"Kami mendukung dalam arti perlu komunikasi lebih, karena seandainya jadi ibukota, kita tidak terbentuk dengan proses yang sama dengan Jakarta. Kalau kita masih diberikan kesempatan untuk konsolidasi," ujar Umi kepada Borneonews, Minggu, 12 Mei 2019.

Ia menegaskan pemerintah daerah tetap harus siap jika pemerintah pusat nanti benar-benar memindahkan ibukota pemerintah Indonesia yang baru ke Bumi Tambun Bungai ini.

"Terkait perpindahan ibukota kami, siap tidak siap. Kalau dari pemerintah pusat, sesuai amanat UU, ingin membuka sebuah ibukota pemerintahan atau apapun itu tentu daerah harus siap mendukung," tegasnya. (AGUS PRIYONO/B-6)

Berita Terbaru