GAPKI: ISPO Harus Jadi Platform Utama Industri Sawit RI

  • Oleh Nedelya Ramadhani
  • 13 Mei 2019 - 08:00 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Standardisasi yang diterapkan Indonesian Sustainable Palm Oil (ISPO) sebenarnya telah memenuhi standar global, sehingga harus dijadikan patokan bagi pelaku industri sawit di seluruh Indonesia.

Ketua Bidang Fiskal Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) Bambang Aria Wisena di Jakarta, akhir pekan lalu, berharap ISPO menjadi platform utama bagi keberlanjutan industri sawit Indonesia.

Sebagai sertifikat wajib, ISPO dengan kendali regulasi yang ketat sangat membantu industri sawit meningkatkan produktivitas secara berkelanjutan, bertanggung jawab, dan legal.

Penguatan ISPO juga menjadi bagian penting untuk mempertahankan posisi Indonesia sebagai produsen minyak sawit terbesar dunia sekaligus penghasil komoditas penghasil devisa tertinggi di Indonesia.

Terlebih, delegasi yang berasal dari sembilan negara anggota Uni Eropa yang berkunjung ke Indonesia belum lama ini telah memberikan apresiasi terhadap standardisasi yang diterapkan ISPO.

Dengan begitu, tak ada alasan bagi UE untuk terus menerus menyudutkan industri sawit Indonesia sebagai pemicu deforestasi. (NEDELYA RAMADHANI/m)

Berita Terbaru