Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kab. Pekalongan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Rumah Potong Hewan Pastikan Daging Aman Dikonsumsi

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 13 Mei 2019 - 18:06 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Palangka Raya menjamin semua hewan yang dipotong di rumah potong aman dikonsumsi masyarakat.

“Daging yang dipotong di rumah potong baik itu Rumah Potong Hewan (RPH) maupun Rumah Potong Unggas (RPU) jika beroperasi nantinya akan terjamin keamanannya,” kata Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Masyarakat Verteriner (Kesmavet) DKPP Kota Palangka Raya, Sumardi, saat ditemui di kantornya, Senin 13 Mei 2019.

Pasalnya, lanjut dia, setiap proses pemotongan sudah dilakukan pengecekan oleh petugas dinasnya, terutama dari bidang kesehatan dan keamanan masyarakat.

Ia menilai, masih adanya tempat pemotongan hewan, terutama unggas, di area permukiman penduduk dapat memberikan dampak terhadap lingkungan sekitarnya. 

“Selain itu, pemotongan di rumah dan itu juga akan menyulitkan kami untuk mengukur kelayakan kesehatan unggas,” sebutnya.

Di samping itu, pengaturan limbah pun juga lebih baik di rumah potong. Terutama terkait instalasi pembuangan air limbah (IPAL) yang aman karena sudah tersistem.

“Di rumah potong, daging hasil potong juga dipastikan dulu sebelum diperjualbelikan ke masyarakat,” pungkasnya. (HERMAWAN DP/B-3)

Berita Terbaru