Siswa Asal Katingan Raih Nilai Tertinggi Mata Pelajaran IPA Se-Kalteng

  • Oleh Abdul Gofur
  • 13 Mei 2019 - 19:16 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Cukup mengejutkan. Siswi SMAN 1 Kecamatan Katingan Tengah, Kabupaten Katingan, Arifa Pratiwi Nugraheni, meraih nilai tertinggi pada ujian nasional berbasis komputer (UNBK) mata pelajaran IPA se-Provinsi Kalimantan Tengah.

Prestasi yang ditoreh Arifa Pratiwi Nugraheni diketahui dari pengumuman hasil UNBK 2018/2019 yang berlangsung, Senin, 13 Mei 2019.

Menurut Kepala SMAN 1 Katingan Tengah Iskardi, Arifa Pratiwi Nugraheni mendapatkan nilai sempurna yaitu 100 untuk mata pelajaran fisika.

Kemudian bahasa Indonesia mendapatkan nilai 94,00, bahasa Inggris 80,00, dan matematika 97,5.

"Iya betul. Anak didik kami bernama Arifa Pratiwi Nugraheni mendapatkan peringkat pertama UNBK untuk mata pelajaran IPA se-Kalteng," tutur Iskardi.

Menurutnya, jumlah peserta UNBK di SMAN 1 Katingan Tengah tahun ini sebanyak 140 siswa, semuanya berhasil lulus.

Iskardi menceritakan, sebelumnya pada 2017 dan 2018, Arifa Pratiwi Nugraheni berhasil menjadi juara pertama pada OSN mata pelajaran fisika tingkat Provinsi Kalimantan Tengah. Saat itu dia terpilih mewakili Provinsi Kalteng ke tingkat nasional.

Sebagai guru dan kepala sekolah, kata Iskardi, ia sangat bangga dengan keberhasilan siswanya meraih prestasi tinggi tersebut. Pasalnya, selain mengharumkan nama sekolah, juga mengharumkan nama kabupaten dan provinsi.

"Kenapa saya bangga, karena siswa ini betul-betul berprestasi dibidang akademik. Dan kami berharap ada perhatian dari pemda. Karena ini salah satu aset daerah ke depannya. Harapannya bisa diberi beasiswa ikatan dinas," tutur Iskardi.(ABDUL GOFUR/B-3)

Berita Terbaru