Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pegunungan Arfak Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

SMAN 1 Sampit Gelar Pesantren Ramadan Ajarkan Siswa Mandikan Jenazah

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 13 Mei 2019 - 19:00 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Pada bulan suci Ramadan 1440 Hijriah, Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, menggelar pesantren Ramadan. Dengan mengajarkan ilmu fiqih, salah satunya memandikan jenazah.

Kegiatan ini dilakukan sebagai upaya sekolah untuk membekali siswa ilmu pengetahuan yang bisa digunakan dan diterapkan di masyarakat. 

"Pesantren Ramadan ini sebagai upaya kami menguatkan pendidikan agama bagi siswa. Dan praktik memandikan jenazah ini salah satunya yang sangat penting serta harus diketahui sisiwa," ujar Kepala SMAN 1 Sampit Darma Setiawan, Senin, 13 Mei 2019. 

Materi memandikan jenazah dipilih lantaran saat ini tidak banyak masyarakat yang bisa melaksanakannya. Sehingga terkadang sangat sulit mencari seseorang yang bisa memandikan jenazah. Hanya kelompok fardhu kifayah saja yang bisa melaksanakannya.

"Iya kalau di tempat tersebut ada fardhu kifayah, kalau tidak maka sulit untuk mencari orang yang bisa memandikan jenazah," ungkap Darma. 

Pesantren Ramadan mulai digelar Senin, 13 Mei 2019 dan dijadwalkan berlangsung hingga Sabtu, 25 Mei 2019. Namun, jadwal masuk hanya Senin sampai Kamis. Sedangkan Jumat, Sabtu, Minggu diliburkan. 

"Saya harap Pesantren Ramadan ini bisa menjadi sebuah pembelajaran yang baik bagi para siswa. Saya minta mereka bisa mengikuti dan mempelajarinya dengan serius," ungkap Darma. (MUHAMMAD HAMIM/B-3) 

Berita Terbaru