Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pakpak Bharat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Harga Karet di Barito Utara Naik

  • Oleh Ramadani
  • 13 Mei 2019 - 22:58 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh -  Dalam beberapa pekan terakhir harga karet para petani di wilayah Kabupaten Barito Utara naik. Kenaikan harga jual karet para petani ini cukup bervariasi yakni antara Rp 6.800 hingga Rp 8.000 per kg. 

Hal tersebut tergantung wilayah dan harga beli para para pengepul di daerah mereka masing-masing.

Salah satu warga di Jalan Manggala, Kelurahan Jambu Kecamatan Teweh Baru, Kurniah mengatakan, sebelumnya harga karet untuk wilayah Kelurahan Jambu berkisar antara Rp 6.000 per kg yang sekarang telah naik menjadi Rp 7.000 per kg.

“Namun, berdasarkan informasi yang diterima untuk kenaikan harga karet ini bervariasi, yakni Rp 1.000 hingga Rp 2.000 per kg. Dengan harga sebelumnya Rp 7.000 menjadi Rp 8.000," ujar Kurniah saat dimintai konfirmasi, Senin, 13 Mei 2019.

Menurutnya, kenaikan harga karet ini sangat membantu warga, terutama bagi masyarakat yang mengantungkan hidupnya sebagai petani karet (penyadap karet). 

“Alhamdulillah harga karet sekarang sudah mengalami kenaikan. Harapan kami harga karet ini bisa terus naik agar penghasilan warga, khususnya petani karet bisa bertambah dan bisa mencukupi kehidupan sehari-hari," katanya. (RAMADHANI/B-2)

Berita Terbaru