Dewan Minta Pemkab Seruyan Perhatikan Nasib Perajin Rotan

  • Oleh Farizan Iftikar
  • 14 Mei 2019 - 08:52 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - DPRD meminta Pemerintah Kabupaten Seruyan memperhatikan nasib perajin rotan.

Salah satu anggota DPRD Seruyan Atinita mengatakan, saat ini Sumber Daya Alam (SDA) rotan masih cukup melimpah. Sayangnya, tidak didukung dengan Sumber Daya Manusia yang memadai untuk mengelola hasil alam tersebut secara optimal.

"Dalam hal ini jelas sangat diperlukan peran dari pemerintah daerah agar lebih memperhatikan nasib para pengrajin rotan," ujarnya, Senin, 13 Mei 2019.

Menurutnya, para perajin rotan tersebut butuh bimbingan dari pemerintah seperti halnya penyuluhan, pemahaman, yang bertujuan menambah pengetahuan para pengrajin agar lebih kreatif dan inovatif menciptakan produk yang memiliki nilai jual tinggi.

"Semisal membuat kursi rotan, meja rotan dan produk lainnya yang memiliki nilai jual lebih tinggi dan mampu bersaing di pasaran tentunya," terangnya kepada wartawan.

Selama ini masih banyak masyarakat khususnya yang berada di daerah hulu Seruyan yang menjadikan rotan sebagai sumber penghasilan utama untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari. Oleh karena itu dirinya meminta kepada pemerintah agar dapat membantu pemasaran produk supaya penghasilan masyarakat dapat meningkat dan sejahtera. (FARIZAN/B-2)

Berita Terbaru