2 Kapal Fery Siap Layani Arus Mudik Lebaran Pangkalan Bun - Jawa

  • Oleh Andreansyah
  • 14 Mei 2019 - 16:52 WIB

BORNEONEWS, Kumai - Jasa angkutan PT Dharma Lautan Utama (DLU) Cabang Kumai telah menyiapkan 2 kapal ferry tujuan Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Jawa Tengah dan Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur.

Manager DLU Cabang Kumai, Firman Dandim mengatakan kapal tujuan Kumai-Surabaya yaitu KM Satya Kencana III, sedangkan Kumai-Semarang dilayani KM Dharma Rucitra IX. 

"Mulai H- 15 sampai H-2 untuk tujuan Kumai-Surabaya akan ada 6 kali keberangkatan dengan kapasitas normalnya saat ini 354 penumpang," jelasnya, Selasa 14 Mei 2019.

Saat ini DLU mengupayakan minta dispensasi penambahan sekitar 200 penumpang. Jika diizinkan, harapan akan bisa untuk 554 penumpang untuk KM Satya Kencana III dalam sekali keberangkatan dengan total ada 6 kali keberangkatan mulai dari H- 15 sampai H-2 lebaran. 

Sedangkan tujuan Kumai-Semarang dari H-15 sampai H-2 lebaran ada 7 kali keberangkatan dengan kapasitas 496 penumpang per satu kali keberangkatan. 

Menurutnya, Kementerian Perhubungan mengizinkan penambahan penumpang selama arus mudik dengan salah satu syarat melakukan penambahan alat keselamatan dan lain-lain, akomodasi dan lain-lain di atas kapal.

"Saat ini kami tengah membatasi penjualan tiket untuk penumpang umum. Distop sementara sampai dispensasi turun. Saat ini kami hanya membuka penjualan tiket kendaraan termasuk penumpangnya, untuk tiket penumpang tanpa kendaraan kita stop sementara," ungkapnya. (ANDRE/B-6) 

Berita Terbaru