Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Natuna Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemudik Bisa Beli Tiket Kapal lewat Online

  • Oleh Andreansyah
  • 14 Mei 2019 - 19:16 WIB

BORNEONEWS, Kumai - Menjelang mudik Lebaran, harga tiket pesawat melonjak menjadi sangat mahal. Karenanya, tidak mengherankan bila kemudian kapal laut menjadi alternatif para pemudik.

Bahkan, tahun ini diprediksi akan ada lonjakan penumpang arus mudik melalui jalur laut sebesar 15% sampai 20% bila dibandingkan dengan 2018. 

Firman Dandy, manager PT Dharma Lautan Utama, mengatakan bahwa lonjakan pemudik pada 2018 lalu terjadi mulai H-15 sampai H- 2. Total ada 23.703 penumpang yang bertolak dari Pelabuhan Kumai menuju Pelabuhan Semarang dan Surabaya dengan menggunakan armada milik PT Dharma Lautan Utama. 

Dalam meningkatan pelayanan jasa transportasi laut menjelang arus mudik Lebaran, PT Dharma Lautan Utama menyiapkan dua kapal.

"Angkutan Lebaran ini kami menyiapkan dua armada yakni KM Satya Kencana III Kumai-Surabaya (PP), H-15 sampai dengan hari H. Total ada 5 trip. Kemudian, KM Dharma Rucitra 9 dengan rute Kumai-Semarang (PP) mulai H-15 sampai dengan hari H. Total ada 7 trip." 

Untuk memudahkan pemudik mendapat tiket, PT Dharma Lautan Utama menyediakan jasa pembelian tiket secara online melalui aplikasi dluferry.

Diharapkan penjualan online tidak berdampak terhadap menumpuknya penumpang di Pelabuhan Panglima Utara, Kumai.

"Tiket juga bisa dibeli agen-agen dan bisa juga langsung datang ke kantor kami dan sudah dibuka sejak 2 Mei 2019," ungkapnya, Selasa, 14 Mei 2019.

Memasuki H-15 sampai hari H, PT Dharma Lautan Utama menyiapkan 12 keberangkatan. Dalam satu pekan ada tiga kali keberangkatan ke Semarang dan tiga kali ke Surabaya. 

"Tahun ini juga diberlalukan sistem electronik tiket untuk memudahkan penumpang dalam mengisi identitas. Sehingga penumpang bisa lebih santai dan tidak terjadi kesalahan dalam regestrasi," ujarnya. (Andreansyah/B-3)

Berita Terbaru