Petani Seruyan Mulai Kembangkan Tanaman Selain Padi

  • Oleh Farizan Iftikar
  • 15 Mei 2019 - 03:48 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - Para petani di Seruyan saat ini mulai mengembangkan tanaman selain padi untuk mewujudkan ketersediaan aneka ragam pangan.

Menurut Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Seruyan Sugian Noor, petani saat ini sudah mulai menanam tanaman lain di sela -sela padi bantaran atau pembatas sawah.

Menurutnya, dari segi ekonomis, hal ini disebut dengan istilah tumpangsari bertujuan untuk mengembangkan aneka ragam tanaman pangan yang menguntungkan petani.

"Selama ini sebagian besar komoditi pertanian masih mengandalkan pasokan dari luar daerah," ujarnya, Selasa, 14 Mei 2019.

Akan tetapi ia mengingatkan agar petani memilih tanaman selain padi yang tentunya cocok dikembangkan sesuai kondisi tanah dan musim, misalnya pada musim kemarau petani menanam tanaman yang bisa bertahan pada saat kondisi panas dan kering.

Saat ini DKPP terus berupaya memberikan pengetahuan dan peningkatan teknologi untuk petani dengan harapan dapat meningkatkan hasil produksi pertanian. (FARIZAN/B-5)

Berita Terbaru