Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pesawaran Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Program Peremajaan Sawit untuk Memulai Usaha Perkebunan Baik

  • Oleh Norhasanah
  • 15 Mei 2019 - 14:52 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Program peremajaan kelapa sawit diharapkan menjadi tonggak baru untuk memulai usaha perkebunan yang baik dan benar bagi para petani di Kabupaten Sukamara.

Sehingga tidak ada lagi lahan yang sia-sia, karena bibit yang ditanam adalah kelapa sawit yan yang bagus dan bersertifikat.

"Ini sungguh sebuah kesempatan, bahwa pemerintah melalui Badan Pengelolaan Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) mengucurkan anggaran yang cukup besar untuk masyarakat dengan sistem hibah, untuk memurnikan dan memperbaiki kebun kepala sawit masyarakat," ucap Bupati Sukamara, Windu Subagio saat membuka kegiatan sosialiasi peremajaan kelapa sawit di BPG, Rabu, 15 Mei 2019.

Windu berharap dengan bibit kelapa sawit yang berkualitas, maka tingkat ekonomi masyarakat di Bumi Gawi Barinjam dapat lebih baik. Mengingat dengan kebun yang baik dan berkualitas, sehingga produktivitas yang dihasilkan juga akan baik.

"Hal ini akan bisa dicapai apabila dicapai dengan edukasi, bimbingan, serta dukungan anggaran yang mendukung untuk masyarakat. Dukungan anggaran dari BPDPKS diharapkan tidak ada lagi masyarakat tidak dapat membeli bibit yang bersertifikat, sehingga menanam bibit asal-asalan," ungkapnya.

Windu menambahkan bagi para petani kelapa sawit yang masih menggunakan bibit varietas yang tidak jelas, untuk bisa mengikuti program peremajaan agar hasil produksi perkebunan kedepannya bisa lebih baik.

"Saya berharap, kepada saudara - saudara petani yang menggunakan bibit varietas, untuk segera mengusulkan kepada Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian untuk ikut program peremajaan ini," ujarnya. (NORHASANAH/B-6)

Berita Terbaru