Legislator Sebut Harga Rotan di Kotawaringin Timur Mendekati Ideal

  • Oleh Naco
  • 15 Mei 2019 - 15:52 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Anggota Komisi I DPRD Kotawaringin Timur, Ary Dewar berharap agar harga komoditas andalan masyarakat bisa stabil. Seperti rotan, karet, dan kelapa sawit. 

"Dengan demikian masyarakat yang berusaha di sektor itu bisa meraih dan merasakan kesejahteraan," kata Ary, Rabu, 15 Mei 2019.

Ary Dewar mengatakan, saat ini harga yang mulai menunjukkan ideal hanya rotan. Yakni di angka Rp 350 ribu per kwintalnya.

“Dari beberapa komoditas masyarakat yang selama ini jadi andalan untuk bertahan hidup hanya rotan yang harganya lumayan," ucap Ary.

Ary mengatakan harga rotan itu semestinya bisa berada di angka Rp 400 - 500 ribu perkwintalnya.  Meski demikian harga itu sudah jauh lebih baik dari sebelumnya yang hanya Rp 200 ribu per kwintalnya.

Dia menambahkan, usaha rotan dan karet memang tidak bisa terpisahkan dengan kultur masyarakat setempat. Suku Dayak memang mengandalkan rotan dan karet ini jadi penghasilan sehari-hari.

Maka dari itu, dia juga menyarankan agar kebun karet dan rotan yang ada jangan sampai diperjualbelikan. Karena suatu saat, dia yakin harga karet dan rotan ini pasti membaik.

"Makanya jangan sampai kita buang kebun warisan itu sehingga ketika harga sawit turun masyarakat masih bisa berusaha di rotan maupun karet ini," pungkasnya.(NACO/B-11)

Berita Terbaru