Mantan Sekda Palangka Raya Divonis Bebas

  • Oleh Agus Priyono
  • 16 Mei 2019 - 15:56 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dalam sidang perkara kasus tindak pidana korupsi (Tipikor) dengan terdakwa mantan Sekda Kota Palangka Raya, Rojikinnor sudah sampai tingkat kasasi dan divonis bebas oleh Mahkamah Agung (MA).

Dalam petikan MA nomor 233 K/Pid.Sus/2019 menyatakan jika Rojikinnor Jamhuri Basni tidak terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana sebagaimana didakwakan oleh jaksa penuntut umum dalam dakwaan pertama hingga dakwaan ke-5.

Kemudian vonis MA ini turut membatalkan putusan pengandian tingkat banding sebelumnya di Pengadilan Tinggi Kalimantan Tengah pada 6 November 2018.

Selain memvonis bebas, dalam putusan MA ini juga menyatakan untuk memulihkan hak terdakwa dalam kemampuan, kedudukan, dan harkat serta martabatnya.

"Kami sudah menerima putusannya. Benar dalam putusan itu Rojikinnor diputus bebas dari semua dakwaan jaksa penuntut umum," ujar Humas Pengadilan Negeri Palangka Raya, Zulkifli kepada Borneonews, Kamis, 16 Mei 2019.

Dalam perisdangan sebelumnya, Rojikinnor yang didakwa melakukan pungutan liar (pungli) senilai Rp 30 juta.

Dia sempat divonis hukuman penjara selama 3 bulan oleh Pengadilan Negeri Palangka Raya. Kemudian saat mengajukan banding Rojikinnor justru divonis dengan hukuman yang lebih berat. (AGUS PRIYONO/B-6)

Berita Terbaru