Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Petani Gunung Mas Diimbau Gunakan Pupuk Organik

  • Oleh Magang 1
  • 16 Mei 2019 - 18:42 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun – Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Gunung Mas, Kardinal, mengimbau para petani menggunakan pupuk organik agar hasil panen benar-benar aman dikonsumsi.

“Sampai sekarang makanan, sayuran, dan buah-buahan dari Kabupaten Gunung Mas aman untuk dikonsumsi,” ujar Kardinal saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis, 16 Mei 2019.

Hal itu karena petani di Gunung Mas sudah mulai memahami pengelolaan tanaman, sehingga mereka sudah banyak yang menggunakan pupuk organik.

Menurut dia, penggunaan pupuk organik tidak kalah berkualiatasnya jika dibandingkan dengan pupuk anorganik. Di samping itu, pupuk organik mempunyai keunggulan yakni aman pangan serta ramah lingkungan.

Keunggulan lainnya, harga pupuk organik lebih murah ketimbang pupuk anorganik. Para petani juga bisa mengolah sendiri pupuk organik, mengingat DPKP telah memberi pelatihan cara membuatnya.

Ia berharap, ke depan seluruh petani di Kabupaten Gunung Mas mau menggunukan pupuk organik. Sehingga hasil panen aman dikonsumsi dan tidak mengandung zat berbahaya bagi tubuh.

"Saya berharap petani kita selektif dalam memilih pupuk untuk tanaman mereka. Sehingga dapat menghasilkan sayur dan buah-buahan yang sehat untuk dikonsumsi," tuturnya. (MAGANG 1/B-3)

Berita Terbaru