Pemerintah Desa dan Kelurahan Diminta Jalankan Program Padat Karya

  • Oleh Magang 1
  • 17 Mei 2019 - 12:16 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun – Wakil Bupati Gunung Mas (Gumas), Rony Karlos meminta pemerintah desa dan kelurahan agar menjalankan program padat karya tunai dalam pembangunan sarana dan prasarana fisik.

“Program padat karya tunai ini untuk memberdayakan masyarakat setempat khususnya yang kurang mampu dan marginal,” ujar Rony, Jumat, 17 Mei 2019.

Di samping itu, pembangunan juga harus diarahkan pada pembangunan yang bersifat produktif serta mengutamakan pemanfaatan sumber daya, tenaga kerja dan teknologi lokal.

Menurut Rony, itu semua bertujuan untuk menambah pendapatan masyarakat, mengurangi kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Dengan pola padat karya, berarti diupayakan perencanaan dan pelaksanaan kegiatan secara mandiri oleh desa. Uang yang digunakan untuk pembangunan juga akan berputar di desa.

Selain itu, lanjut dia, dengan menggunakan tenaga kerja lokal, maka diharapkan pelaksanaan kegiatan mampu menyerap tenaga kerja dan memberikan keuntungan pendapatan bagi mereka yang bekerja.

“Penggunaan bahan baku lokal juga dapat memberi keuntungan bagi masyarakat yang memiliki bahan baku tersebut,” tandasnya. (MAGANG 1/B-2)

Berita Terbaru