Aplikasi Pilgub (Pemilihan Gubernur) Propinsi Kalimantan Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Komisi A Soroti Soal Kualitas SDM untuk Songsong Palangka Raya sebagai Ibukota Negara

  • Oleh Testi Priscilla
  • 17 Mei 2019 - 13:52 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua Komisi A DPRD Kota Palangka Raya, Beta Syailendra menyoroti soal SDM untuk menyongsong rencana pemindahan ibukota negara menuju Kalimantan Tengah.

"Nah kalau dari Komisi A, kami lebih memperhatikan ke faktor SDM. Jangan sampai nanti memindahkan ibukota ini sekadar memindahkan persoalan Jakarta ke daerah. Artinya kesiapan dari penduduk lokal itu harus dapat bersaing dengan warga ibukota," kata Beta, Jumat, 17 Mei 2019.

Dia mengatakan, peningkatan kualitas SDM dalam rangka menyongsong pemindahan ibukota harus dioptimalkan.

"Upayanya dari pemko saya lihat sudah ada. Apalagi dengan wali kota baru ini kan saya lihat sudah banyak program-program inovasi yang titik beratnya salah satunya meningkatkan SDM masyarakat Kota Palangka Raya. Perlu digencarkan, dipercepat," tegas Beta.

Menurut Beta, isu ini sudah menyeruak sejak lama. Namun akhir-akhir ini menjadi lebih ramai diperbincangkan lantaran Presiden Indonesia, Joko Widodo datang meninjau calon-calon ibukota. Salah satunya Palangka Raya.

"Intinya kalau itu sudah keputusan atau seandainya merupakan keputusan pusat yang sudah disetujui secara konstitusi, tentu kita mau tidak mau harus siap melaksanakan instruksi itu," kata Beta. (TESTI PRISCILLA/B-11)

Berita Terbaru