Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kuatan Singingi Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ketua TP PKK Kalteng Minta Dinas Kesehatan Lebih Perhatikan Posyandu

  • Oleh Testi Priscilla
  • 17 Mei 2019 - 14:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Kalimantan Tengah, Yulistra Ivo Sugianto Sabran meminta Dinas Kesehatan harusnya dapat mengalokasikan dana lebih banyak untuk operasional posyandu.

"Sekarang kan memang posyandu itu swadaya masyarakat, tetapi yang namanya zaman sekarang, operasional seperti untuk bensin juga penting. Dinas Kesehatan harusnya bisa mengalokasikan ini lebih banyak," kata Ivo, Jumat, 17 Mei 2019.

Menurut Ivo, keterbatasan anggaran di Dinas Kesehatan sebenarnya bisa diakali dengan bantuan dana desa atau ADD.

"Kalau ke daerah, saya juga selalu bicarakan dengan bupati agar anggaran dana desa (ADD) itu bisa diberikan porsinya untuk kesehatan. Sehingga Dinas Kesehatan tidak perlu mengeluarkan banyak dana untuk bidang kesehatan di desa karena sudah diback up ADD, bisa dialihkan untuk Posyandu," kata Ivo.

Dia mengatakan peran posyandu sangat penting, terutama untuk di kawasan desa yang biasanya jauh dari puskesmas atau rumah sakit.

"Angka stunting masih sangat tinggi, anak-anak kekurangan nutrisi sehingga stunting. Kalau Posyandu jalan, aktif, dananya terpenuhi, kegiatan untuk anak-anak itu tentu akan membantu mengurangi angka stunting. Yang ada di desa juga dapat terpantau dengan baik," tegasnya. (TESTI PRISCILLA/B-11/Adv)

Berita Terbaru