Aplikasi Pilgub (Pemilihan Gubernur) Propinsi Bengkulu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Jelang Kemarau, Minamas Plantation Komitmen Cegah Kebakaran Hutan

  • Oleh Nedelya Ramadhani
  • 17 Mei 2019 - 15:35 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Menjelang memasuki musim kemarau, perusahaan perkebunan sawit yang beroperasi di Sumatera Selatan, PT Minamas Plantation, mempersiapkan strategi untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan. 

CEO Region Minamas Plantation Kenneth Shreedharan di Palembang, Kamis (16/5/2019), mengatakan salah satu strategi itu adalah tidak mengizinkan cara bakar untuk membuka lahan baru.

“Kebijakan ini tidak hanya kami terapkan di Sumsel, melainkan juga di seluruh lokasi usaha kami baik di Kalimantan dan Sulawesi,” kata dia.

Kenneth menjelaskan melalui komitmen zero burning, perusahaan berupaya menanggulangi kebakaran dengan membangun 72 menara api yang tersebar di seluruh perkebunan Minamas. Adapun ketinggian menara api tersebut mencapai hingga 15 meter.

Ia menambahkan perusahaannya juga memasang fire index berupa papan pengumuman di sekitar wilayah operasi perkebunan.

“Perusahaan ingin memastikan bahwa semua karyawan selalu waspada terhadap risiko terjadinya kebakaran lahan,” kata dia.

Sejauh ini, Minamas memiliki 8 kebun yang ada di Kabupaten Musi Banyuasin, Sumsel, dari total 69 kebun yang dikelola perusahaan di Tanah Air. Total produksi dari seluruh perkebunan Minamas di 8 provinsi tercatat sebanyak 1,71 metrik ton tandan buah segar (TBS) atau sebanyak 360.823 metrik ton minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO).

Kenneth menjelaskan setiap perkebunan melengkapai alat pemadam kebakaran di seluruh unit usaha yang dipersyaratkan pemerintah.

Bahkan, perusahaan juga bekerja sama dengan pemerintah lokal untuk memberikan pelatihan kepada masyarakat melalui masyarakat peduli api (MPA).  (NEDELYA RAMADHANI/m)
 

Berita Terbaru