Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ikan Biji Diburu Penambak Patin

  • Oleh Reno
  • 17 Mei 2019 - 19:26 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - Para nelayan mendapat keuntungan dari ikan yang besar seperti Hiu, Kakap, hingga Otek. Selain itu juga membawa pulang ikan-ikan kecil yang disebut dengan ikan Biji.

Ikan Biji ini menghasilkan rupiah ketika diangkut ke daratan. Bahkan para penambak ikan Patin selaku mengincar ikan Biji ini untuk dijadikan santapan ikan Patin mereka di Keramba.

"Kami menyebutnya ikan Biji. Hasil tangkapan di laut itu ada yang besar dan kecil. Yang kecil ini jenisnya campur-campur, makanya dikatakan bijian. Biasanya para penambak ikan Patin yang membelinya," ungkap Sarkani, nelayan di Kuala Pembuang, Jumat, 17 April 2019.

Menurut Sarkani, sekali pulang melaut mereka setidaknya mampu membawa pulang ikan Biji sekitar 100 - 200 kilogram dan itu dijual khusus untuk mereka yang memiliki tambak Patin.

"Karena ikan itu untuk makanan ikan Patin di tambak. Harga yang kami jual dari kisaran Rp 600 sampai dengan Rp 1.000 per kilogramnya. Ya, lumayan satu kali angkat timbangan bisa 200 kilogram," ucap Isar sapaan akrab Sarkani.

Menurut Sarkani, ketika musim Timur saat ini hasilnya menurun dari musim Barat. Jadi kisaran uang hasil jualan ikan Biji sekitar Rp 120 ribu sampai Rp  200 ribu saja. "Lumayan saja kalau rutin untuk mengganti ongkos minyak kapal," ucapnya. (RENO/B-2)

Berita Terbaru