Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Minahasa Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Anggota DPRD Sumatera Barat Nilai Kalteng Lebih Layak Jadi Ibu Kota Negara

  • Oleh Budi Yulianto
  • 17 Mei 2019 - 21:02 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Sekitar 20 anggota DPRD Sumatra Barat berkunjung ke Kalimantan Tengah untuk studi mengenai organisasi perangkat daerah yang dijalankan pemerintah Kalteng, Jumat, 17 Mei 2019.

Dalam kesempatan pertemuan yang berlangsung di Aula Eka Hapakat, Lantai III, Kantor Gubernur Provinsi Kalteng, turut disinggung mengenai rencana pemindahan ibu kota negara.

Ketua Rombongan sekaligus sebagai Wakil Ketua DPRD Sumbar, Arkadius Dt Intan Bano mengatakan, Kalimantan Tengah sangat layak terpilih sebagai ibu kota negara Indonesia.

"Kami melihat Kalteng cukup layak dibanding dengan provinsi lain," katanya.

Baginya, menginjakkan kaki di Bumi Tambun Bungai ini bukan untuk kali pertama. Pada 1986 silam, ia pernah melakukan penelitian berkaitan dengan penyusunan skripsi strata 1. 

Dari hasil tersebut, ia menyimpulkan bahwa Kalteng cukup luas dengan daerah datar dan tingkat bahayanya yang cukup rendah. 

"Luasnya sangat cukup di sini. Tingkat bencana juga rendah. Gempa boleh dikatakan hampir tidak ada," ungkapnya.

Menurutnya, yang harus diperhatikan saat ini adalah pengelolaan lahan supaya permasalahan banjir yang biasanya terjadi di sejumlah titik dapat teratasi.

"Di sini sangat cocok. Daerahnya juga tidak jauh baik ketika mau ke Indonesia bagian timur maupun barat," tuntasnya. (BUDI YULIANTO/B-2)

Berita Terbaru