Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DPRD Sumatera Barat Ungkap Langkah Strategis Pemprov Kalteng

  • 17 Mei 2019 - 21:36 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - DPRD Sumatera Barat melakukan studi banding ke Kalimantan Tengah (Kalteng) atas langkah strategis yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng.

Wakil Ketua DPRD Sumatera Barat yang juga sebagai ketua rombongan, Arkadius Dt. intan Bano mengatakan, langkah stategis tersebut adalah langkah pemisahan Badan Keuangan Daerah menjadi Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) dengan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) yang lebih rendah dari daerah lain.

"Perda ini berdasarkan aturan dari pusat minimal APBD Rp 7 triliun. Namun Kalteng yang hanya mendapatkan APBD Rp 5 Triliun sudah berani melakukan itu, jadi menurut kami ini  hal yang sangat strategis," ujar Arkadius, Jumat, 17 Mei 2019.

Ia menambahkan, jika Sumatera Barat yang mendapat APBD sebesar Rp 7 triliun masih belum berani melakukan hal yang sama seperti yang telah dilakukan Pemprov Kalteng. Jadi studi banding ini dilakukan oleh pihaknya sebagai upaya mempelajari langkah strategis dengan pemisahan lembaga terkait keuangan.

"Mudah-mudahan dapat diterapkan di Sumatera Barat, sebab dasar studi banding ini yang akan kami ajukan ke Kemendagri supaya dapat disetujui nantinya," pungkas Arkadius.

Di lain pihak, Staff Ahli Gubernur Bidang Politik, Hukum dan Pemerintahan, Endang mengungkapkan, pihaknya sangat berterima kasih dengan studi banding yang dilakukan oleh DPRD Sumatera Barat ke Kalteng. "Kami berterima kasih sudah menjadikan Kalteng sebagai tempat studi banding. Jadi selain memberikan pengetahuan, kami juga mendapatkan masukan. Semoga ke depannya bisa menjadi pembelajaran buat semuanya," tandasnya. (AGUS PRIYONO/B-2)

Berita Terbaru