Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Rokan Hulu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DPRD Dorong Pemkab Kotim Evaluasi Capaian PAD Setiap Tahun

  • Oleh Naco
  • 18 Mei 2019 - 10:58 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Wakil Ketua DPRD Kotawaringin Timur, H Supriadi mendorong agar pemerintah daerah melakukan evaluasi capaian target perolehan PAD di satuan organisasi perangkat daerah atau SOPD setiap akhir tahun.   

Karena, kata Supriadi, dengan adanya evaluasi tersebut diharapkan dapat diketahui apa saja kendala yang dihadapi oleh SOPD yang bersangkutan. 

Ia juga menekankan agar pemerintah daerah harus punya tim yang kreatif dan inovatif untuk menciptakan peluang-peluang pendapatan untuk daerah ini. "Kita harus mencari sumber pendapatan daerah yang maksimal," tegasnya, Sabtu, 18 Mei 2019. 

Selama ini, dia menilai, penggalian pendapatan hanya sebatas di sektor kecil. Sementara pemerintah belum berinovasi menciptakan sumber pendapatan lainnya.

Seharusnya pemerintah berinovasi menciptakan sumber pendapatan jangka panjang, karena ke depannya sumber-sumber yang ada ini bisa saja tidak produktif lagi.

Menurutnya, inovasi baru untuk mendapatkan sumber PAD itu bisa di sektor pelabuhan pemerintah, terminal bongkar muat, kebun atau BUMD di sektor perkebunan, dan pertanian. 

Daerah, kata dia, selama ini selalu mengejar sumber yang kecil, padahal salah satu contoh jika dibangun pelabuhan sendiri dan bongkar muat diarahkan seperti CPO dan lain sebagainya bisa jadi uang untuk penghasilan daerah. (NACO/B-2)

Berita Terbaru