Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Teluk Bintuni Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

22 Desa di Kotawaringin Barat Belum Selesaikan APBDes, Dana Desa Tidak Dicairkan

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 18 Mei 2019 - 16:26 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Dari 81 desa di Kabupaten Kotawaringin Barat baru 59 desa yang telah menyampaikan anggaran pendapatan dan belanja desa atau APBDes.

Kepala Bidang Anggaran pada Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Kotawaringin Barat, Muhammad Fauzi mengatakan, penyaluran dana desa (DD) tahap I pada 26 April 2019 sebanyak 59 desa itu sudah pada tahap pencairan.

Kemudian sisanya hingga Mei sebanyak 22 desa belum selesaikan APBDes, sehingga pencairan DD ke-22 desa belum bisa dicairkan.

"Karena sesuai peraturannya jika ingin mecairkan dana desa harus merampungkan APBDes-nya," ujarnya, Sabtu, 18 Mei 2019.

Dia menjelaskan APBDes merupakan syarat untuk mengajukan dana selain DD. Padahal dalam Tahap penyusuanan APBDes mereka mendapat pendampingan dari pendamping desa.

"Pendamping desa seharusnya membantu penyusunan APBDes. Jika terlambat menyerahkan APBDes menyebabkan terlambatnya pencairan DD tahap awal," ungkapnya.

Dia berharap kepada desa yang belum merampungkan APBDes supaya segera menyelesaikannya. Sebab jangan sampai perputaran dana tidak berjalan dan pembangunan di desa terlambat.

"Pencairan DD tahap awal januari juga bisa, sehingga semakin cepat semakin baik. Dana cepat cair dan pembangunan didesa terus berlanjut," pungkasnya. (DANANG/B-6)

Berita Terbaru