Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Analisis Sementara Penyebab Keracunan Massal Akibat Bakteri Salmonella

  • Oleh Reno
  • 19 Mei 2019 - 08:58 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - Penyebab keracunan massal di acara tasmiyah dan aqiqah di mes karyawan PT Sapindo, Desa Tabiku, Kecamatan Seruyan Raya, Kabupaten Seruyan pada Minggu 12 Mei 2019, mulai terkuak.

Sementara ini, dari hasil analisis Dinas Kesehatan Kabupaten Seruyan, keracunan massal tersebut disebabkan terkonsumsinya makanan, sayuran, dan buah-buah yang mengandung bakteri salmonella.

Bakteri itu masuk ke dalam tubuh korban akibat makanan, buah, atau sayuran yang dikonsumsi kurang bersih atau cara memasaknya tidak matang. Sehingga bakteri tersebut masih menempel pada makanan atau sayuran dan buah-buahan.

"Keracunan yang terjadi karena menyantap makanan termasuk  buah-buahan, es buah, serta sayuran yang kemungkinan disebabkan bakteri salmonella," kata Kepala Dinkes Kabupaten Seruyan Mahdiniansyah, Sabtu 18 Mei 2019 malam.

Menurut Mahdiniansyah, akibat peristiwa keracunan massal itu, satu orang meninggal dunia saat dirujuk ke Rumah Sakit dr Murjani Sampit. Sedangkan 15 orang lainnya rawat inap di Puskesmas Terawan.

"Pasien yang dirawat inap ada 15 orang. Satu orang meninggal dunia saat dirujuk ke Rumah Sakit dr Murjani. Sisanya rawat jalan dan berobat ke dokter dan klinik perusahaan," ucapnya. (RENO/B-3)

Berita Terbaru