PN Palangka Raya Sudah Menerapkan Peradilan Online

  • Oleh Agus Priyono
  • 19 Mei 2019 - 17:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pengadilan Negeri Palangka Raya sudah menerapkan sistem peradilan online, yakni e-Court. Yakni untuk mengatasi perkara perdata yang telah terdaftar.

Humas PN Palangka Raya, Zulkifli, Minggu, 19 Mei 2019, mengatakan, jika penerapan e-Court sudah sejak Februari 2019 lalu. Dan sudah puluhan perkara yang menjalankan persidangan dengan sistem e-Court.

“Sudah tiga bulan berjalan. Ada pulahan kasus yang kami tangani dengan e-Court. Dan belasan kasus sudah diputus,” kata Zulkifli.

Ia menambahkan, jika selain Pengadilan Negeri Palangka Raya, beberapa pengadilan yang ada di Kalimantan Tengah pun telah menggunakan sistem e-Court. Salah satunya Pengadilan Negeri Sampit.

“Banyak yang sudah menggunakan e-Court ini, hanya pengadilan-pengadilan baru seperti Gunung Mas. Katanya kendala sinyal yang membuat mereka belum berani menerapkan sistem e-Court,” jelasnya.

Adapun kelebihan dari sistem e-Court ini adalah efisiensi waktu. Penggugat atau tergugat tidak perlu mengantri untuk menjalani sidang. Kemudian biaya e-Court lebih murah daripada persidangan konvensional.(AGUS PRIYONO/B-11)

Berita Terbaru