Harga Tiket Pesawat Tinggi, Penumpang Kapal Laut Diprediksi Melonjak

  • Oleh Naco
  • 19 Mei 2019 - 17:10 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Ketua DPRD Kotawaringin Timur, Jhon Krisli mengingatkan pengelola agar memerhatikan dan mengantisipasi lonjakan penumpang tahun ini. Terutama menjelang arus mudik lebaran.

Pasalnya, pemudik bakal lebih banyak memilih jalur laut untuk mudik. Di tengah tingginya harga tiket pesawat.

Dia mengharapkan antisipasi lonjakan penumpang ini seperti halnya dengan mempersiapkan penampungan di sekitar pelabuhan.

Jhon Krisli memprediksi, lonjakan penumpang kapal laut sangat mungkin terjadi bahkan bisa meningkat dari tahun lalu. Karena  transportasi melalui pesawat tidak memungkinkan, di tengah harga tiket yang masih melambung tinggi. 

“Akhirnya mereka yang mau mudik lebih memilih kepada jasa transportasi kapal laut," kata Jhon, Minggu, 19 Mei 2019.

Selain itu, Jhon juga menekankan kepada seluruh penyedia jasa kapal laut jangan sampai ada yang mengangkut penumpang melebihi kapasitas. 

Hal ini bercermin dari beberapa tahun lalu, yang  mana kapal penumpang kelebihan muatan sampai tampak miring ketika meninggalkan pelabuhan Sampit.

Jhon mengharapkan tahun ini penanganan calon penumpang harus lebih baik. Jangan lagi memaksakan muatan, atau membiarkan calon penumpang yang tidur di teras toko atau emperan. Mereka mesti diberikan fasilitas menunggu paling tidak tenda yang layak.

Jhon juga mengingatkan kepada calon penumpang  hendaknya bisa mudik lebih awal daripada  bersamaan di hari puncak arus mudik lebaran. (NACO/B-11)

Berita Terbaru