Ini Tantangan Dalam Menciptakan Kerukunan Antar Umat Beragama

  • Oleh Magang 1
  • 19 Mei 2019 - 19:58 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun – Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Gunung Mas Tasa Torang menyampaikan bahwa terdapat sejumlah tantangan dalam menciptakan kerukunan antar umat beragama.

“Tantangan yang pertama adalah pengaruh kondisi sosial ekonomi, politik, budaya, keagamaan masyarakat dan pengaruh kehidupan global,” ungkap Tasa kepada borneonews.co.id, Minggu, 19 Mei 2019.

Akibatnya, lanjut dia, sebagian masyarakat kehilangan pegangan dan norma hidup, berbangsa dan bernegara dalam masyarakat plural.  

Tantangan kedua adalah munculnya di tengah masyarakat praktek kekerasan dengan menonjolkan fanatisme kelompok, kesukuan, kedaerahan, politik dan keagamaan.

Tantangan ketiga, masyarakat  mudah terjebak terhadap kepentingan-kepentingan sesaat sehingga membuat fenomena kehidupan sosial umat diwarnai berbagai kasus kekerasan dan pertikaian.

Oleh sebab itu, kata Tasa, pembangunan keagamaan harus ditingkatkan. Diantaranya dengan memantapkan fungsi, peran dan kedudukan agama.

Lalu peningkatan kualitas pendidikan agama, pembangunan sarana dan prasarana yang merata dan memadai, serta pembinaan kerukunan hidup antar umat beragama. (MAGANG 1/B-5)

Berita Terbaru