Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Berau Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kerupuk Pipih Kuala Pembuang Oleh-oleh Favorit

  • Oleh Reno
  • 20 Mei 2019 - 13:20 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - Ketika berkunjung ke Kota Kuala Pembuang, Kabupaten Seruyan, tidak lengkap apabila tidak membawa pulang kerupuk ikan Pipih. Kerupuk Pipih menjadi oleh-oleh favorit dari Kota Kuala Pembuang.

Saat ini saja pengrajin kerupuk Pipih meluai menjamur, meski demikian para peminat kerupuk idola warga Kuala Pembuang ini terus diburu, terutama bagi masyarakat luar Kabupaten Seruyan ketika berkunjung ke Kuala Pembuang.

"Biasanya kalau kami ke Kuala Pembuang selalu membawa pulang kerupuk ikan pipih, karena memang rasanya khas dan gurih. Ini yang menyebabkan kami selalu membeli kerupuk pipih Kuala," ungkap Sri warga Samuda, Kabupaten Kotim ketika membeli kerupuk Pipih, Senin 20 Mei 2019.

Sri menyampaikan, meski harganya tergolong lumayan mahal, kerupuk pipih tetap menjadi favorit pilihan ketimbang kerupuk berbahan baku ikan yang lainnya.

"Rasa khas ikan pipihnya yang bikin ketagihan. Memang dari harga ikan segarnya lumayan mahal sampai ke kerupuknya juga harganya lumayan," jelasnya.

Sementara itu, Hidayat penjual kerupuk ikan Pipih mengatakan dari jumlah kerupuk yang dijualnya, kerupuk Pipih lah yang selalu dicari dan menjadi idola pembeli.

"Kita disini ada jual tiga macam kerupuk yaitu kerupuk ikan pipih, ikan tenggiri dan ikan gabus atau haruan. Memang yang selalu dicari atau banyak peminatnya itu kerupuk ikan pipih," jelasnya.

Untuk harganya sendiri, kata Hidayat, kerupuk pipih Rp 120rb, kerupuk Tenggiri Rp 80rb dan kerupuk ikan Gabus Rp 80rb perkilogramnya. "Untuk kemasan yang tersedia ukuran 1/2 kilogram dan 1/4 kilogram. Jadi rata-rata yang kemasan kecil sering dicari," tuturnya. (RENO/m)

Berita Terbaru