Pemkab Pulang Pisau Gelar Sosialisasi Rencana Aksi Daerah Air Minum

  • Oleh James Donny
  • 20 Mei 2019 - 15:00 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau- Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau menggelar sosialisasi RAD-AMPL atau rencana aksi daerah air minum dan penyehatan lingkungan,  Senin,  20 Mei 2019.

Kegiataan yang dilaksanakan di aula Bappeda Litbang Kabupaten Pulang Pisau tersebut dibuka Asisten III Bidang Administrasi Umum Sekretariat Daerah Eknamensi Tawun. 

Asisten III mengatakan, pelaksanaan RAD-AMPL sejalan dengan UU No 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah. Yang menetapkan bahwa penyediaan Iayanan dasar, termasuk air minum dan sanitasi, merupakan urusan wajib dan menjadi kewenangan pemerintah daerah. 

"Dalam rangka memperkuat kapasitas pemerintah kabupaten dalam melaksanakan mandatnya untuk pengelolaan pembangunan air minum dan sanitasi di tingkat kabupaten menuju 100% akses, pemerintah kabupaten perlu memiliki kebijakan daerah yang jelas, terukur dan dapat dilaksanakan," katanya. 

Pencapaian universal access menurutnya harus terintemalisasi dalam kebijakan penyelenggaraan pembangunan daerah, mulai dari kebijakan perencanaan sampai dengan pengendalian dan evaluasi. 

Kebijakan yang dimaksud terangnya termasuk kebijakan prioritas pemenuhan akses air minum dan sanitasi melalui berbagai program dan pendanaan yang masuk ke Kabupaten. "Termasuk diantaranya kebijakan pemanfaatan dana APBD, Dana Desa, DAK lnfrastruktur, DAK STBM fisik maupun non fisik, Hibah Air Minum Perdesaan, CSR dan lain-lainnya," terangnya.(JAMES DONNY/B-3)

Berita Terbaru